Minggu, 05 Agustus 2012

SEJARAH INTERNET DAN PERKEMBANGANNYA


Sejarah internet , internet memang penomenal dan memberikan manfaat yang begitu banyak tapi tahukah anda siapa penemu internet, paling tidak sejarah dari internet. Chapila.com berusah mengumpulkan data dari berbagai website luar untuk bisa mengumpulkan Sejarah internet, dimulai dari tahun 1957 yang bisa menjadi dasar potensi awal Sejarah internet.


sejarah internet
sejarah internet

Sejarah internet

  1. Tahun 1957 Uni Soviet meluncurkan Sputnik, satelit bumi buatan pertama. Sebagai tanggapan, Amerika Serikat membentuk Advanced Research Projects Agency (ARPA) di dalam Departemen Pertahanan (DoD) untuk mendirikan memimpin AS dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlaku untuk militer.
  2. Tahun 1962 RAND Paul Baran, dari RAND Corporation (agen pemerintah), ditugaskan oleh US Air Force untuk melakukan penelitian tentang bagaimana hal itu bisa menjaga perintah dan kontrol atas rudal dan bom, setelah serangan nuklir. Ini menjadi jaringan riset militer yang bisa bertahan serangan nuklir, terdesentralisasi sehingga jika ada lokasi (kota) di AS diserang, militer masih bisa memiliki kontrol senjata nuklir untuk serangan balik. dokumen Baran selesai dijelaskan beberapa cara untuk mencapai hal ini. Usulan terakhirnya adalah jaringan packet switched. “Packet switching adalah mogok data menjadi datagram atau paket yang diberi label untuk menunjukkan asal dan tujuan informasi dan forwarding dari paket-paket dari satu komputer ke komputer lain sampai informasi tiba di komputer tujuan akhir ini adalah penting untuk realisasi dari jaringan komputer.. Jika paket yang hilang pada suatu titik tertentu, pesan dapat dikirim ulang oleh originator. “
  3. Tahun 1968 ARPA mendapat kontrak ARPANET untuk BBN. BBN telah memilih komputer mini Honeywell sebagai dasar di mana mereka akan membangun saklar. Jaringan fisik dibangun pada tahun 1969, menghubungkan empat node: University of California di Los Angeles, SRI (di Stanford), University of California di Santa Barbara, dan University of Utah. Jaringan ini kabel bersama-sama melalui sirkuit 50 Kbps.Sejarah internet
  4. Tahun 1972 Program e-mail pertama diciptakan oleh Ray Tomlinson dari BBN. The Advanced Research Projects Agency (ARPA) berganti nama menjadi The Defense Advanced Research Projects Agency (atau DARPA) ARPANET saat ini menggunakan Network Control Protocol atau NCP untuk mentransfer data. Hal ini memungkinkan komunikasi antara host berjalan pada jaringan yang sama.
  5. Tahun 1973 Pembangunan dimulai pada protokol kemudian disebut TCP / IP, dikembangkan oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA. Protokol baru adalah untuk memungkinkan beragam jaringan komputer untuk menghubungkan dan berkomunikasi satu sama lain.
  6. Tahun 1976 Dr Robert M. Metcalfe mengembangkan Ethernet, yang memungkinkan kabel koaksial untuk memindahkan data sangat cepat. Ini adalah komponen penting bagi pengembangan LAN. Proyek satelit paket masuk ke penggunaan praktis. SATNET, paket Atlantik jaringan satelit, lahir. Jaringan ini menghubungkan Amerika Serikat dengan Eropa. Anehnya, itu digunakan satelit INTELSAT yang dimiliki oleh sebuah konsorsium negara dan tidak eksklusif pemerintah Amerika Serikat. UUCP (Unix-to-Unix CoPy) yang dikembangkan di AT & T Bell Labs dan didistribusikan dengan UNIX satu tahun kemudian. Departemen Pertahanan mulai bereksperimen dengan protokol TCP / IP dan segera memutuskan untuk memerlukannya untuk digunakan pada ARPANET.
  7. Tahun 1979 USENET (jaringan berita desentralisasi kelompok) telah dibuat oleh Steve Bellovin, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas North Carolina, dan programmer Tom Truscott dan Jim Ellis. Hal ini didasarkan pada UUCP. Penciptaan BITNET, oleh IBM, “Karena Waktu Jaringan nya”, memperkenalkan “store and forward” jaringan. Itu digunakan untuk email dan listservs.
  8. Tahun 1983 Internet Kegiatan Board (IAB) telah dibuat pada tahun 1983. Pada tanggal 1 Januari, setiap mesin yang terhubung ke ARPANET harus menggunakan TCP / IP. TCP / IP menjadi protokol Internet inti dan digantikan NCP sepenuhnya. The University of Wisconsin Sistem Domain diciptakan Nama (DNS). Ini paket diperbolehkan untuk diarahkan ke nama domain, yang akan diterjemahkan oleh server database ke nomor IP yang sesuai. Hal ini membuat lebih mudah bagi orang untuk mengakses server lain, karena mereka tidak lagi harus mengingat nomor.
  9. Tahun 1984 ARPANET dibagi menjadi dua jaringan: MILNET dan ARPANET. MILNET adalah untuk melayani kebutuhan militer dan ARPANET untuk mendukung komponen penelitian lanjutan, Departemen Pertahanan terus mendukung kedua jaringan. Upgrade ke CSNET dikontrak untuk MCI. Sirkuit baru akan garis T1, 1,5 Mbps yang dua puluh lima kali lebih cepat dari 56 baris tua Kbps. IBM akan menyediakan router canggih dan Merit akan mengelola jaringan. Baru jaringan adalah untuk disebut NSFNET (National Science Foundation Network), dan garis tua itu tetap disebut CSNET.
  10. Tahun 1985 The Internet Engineering Task Force atau IETF diciptakan untuk melayani sebagai forum untuk koordinasi teknis oleh kontraktor untuk DARPA bekerja pada ARPANET, US Defense Data Network (DDN), dan inti sistem internet gateway.
  11. Tahun 1987 BITNET dan CSNET bergabung untuk membentuk Corporation Riset dan Jaringan Pendidikan (CREN), pekerjaan dari National Science Foundation.
  12. Tahun 1988 Segera setelah selesainya backbone NSFNET T1, lalu lintas meningkat sangat cepat sehingga rencana segera mulai di upgrade jaringan lagi.
  13. Tahun 1990  IBM dan MCI membentuk bukan untuk keuntungan perusahaan disebut ANS, Advanced Jaringan & Layanan, yang melakukan penelitian ke dalam jaringan kecepatan tinggi. Segera datang dengan konsep T3, 45 Mbps baris. NSF cepat mengadopsi jaringan baru dan pada akhir tahun 1991 semua situs yang dihubungkan oleh tulang punggung baru. Sementara garis T3 sedang dibangun, Departemen Pertahanan dibubarkan ARPANET dan ia digantikan oleh tulang punggung NSFNET. Para 50Kbs asli baris ARPANET dibawa keluar dari layanan. Tim Berners-Lee dan CERN di Jenewa menerapkan sistem hypertext untuk menyediakan akses informasi yang efisien kepada anggota komunitas energi tinggi internasional fisika.
  14. Tahun 1991 CSNET CSNET (yang terdiri dari garis 56Kbps) dihentikan telah memenuhi peran penting awal dalam penyediaan layanan jejaring akademis. Fitur utama dari CREN adalah bahwa biaya operasional sepenuhnya dipenuhi melalui iuran yang dibayar oleh organisasi anggotanya. The NSF membentuk jaringan baru, bernama NREN, Research Nasional dan Jaringan Pendidikan. Tujuan dari jaringan ini adalah untuk melakukan penelitian jaringan berkecepatan tinggi. Bukan untuk digunakan sebagai jaringan komersial, juga bukan untuk digunakan untuk mengirim banyak data yang Internet sekarang transfer.
  15. Tahun 1992 Internet Society yang disewa. World-Wide Web dirilis oleh CERN. NSFNET backbone ditingkatkan menjadi T3 (44.736Mbps)
  16. Tahun 1993 InterNIC diciptakan oleh NSF untuk menyediakan layanan Internet spesifik:. Direktori dan database jasa (oleh AT & T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics / CERFnet) Marc Andreessen dan NCSA dan University of Illinois mengembangkan antarmuka pengguna grafis untuk WWW, yang disebut “Mosaic untuk X”.
  17. Tahun 1994 Tidak ada perubahan besar dilakukan ke jaringan fisik. Hal yang paling signifikan yang terjadi adalah pertumbuhan. Jaringan baru yang ditambahkan ke dalam tulang punggung NSF. Ratusan ribu host baru yang ditambahkan ke INTERNET selama periode ini. Pizza Hut menawarkan pizza memesan pada halaman Web-nya. Pertama virtual, yang cyberbank pertama, akan terbuka. ATM (Mode Transmisi Asynchronous, 145Mbps) backbone diinstal pada NSFNET.
  18. Tahun 1995 National Science Foundation mengumumkan bahwa tanggal 30 April 1995 tidak lagi memungkinkan akses langsung ke backbone NSF. National Science Foundation kontrak dengan empat perusahaan yang akan menjadi penyedia akses ke tulang punggung NSF (Merit). Perusahaan-perusahaan ini kemudian akan menjual koneksi ke kelompok, organisasi, dan perusahaan. biaya tahunan $ 50 dikenakan pada domain, tidak termasuk edu dan.. gov domain yang masih didanai oleh National Science Foundation.Sejarah internet
  19. Tahun 1996 Lalu lintas Internet yang paling dibawa oleh tulang punggung ISP independen, termasuk MCI, AT & T, Sprint, UUNET, BBN planet, ANS, dan banyak lagi. The Internet Society, kelompok yang mengendalikan INTERNET, meneliti teknologi baru TCP / IP yang akan dapat memiliki lebih dari sekitar 4,3 miliar alamat yang tersedia saat ini. Masalah yang timbul adalah bahwa hal itu tidak diketahui berapa baik yang lama dan sistem pengalamatan baru akan dapat bekerja pada saat yang sama selama periode transisi.
  20. (Backbone data di bawah ini berlaku pada tahun 1996, silakan mencari referensi lain untuk backbone dan host data saat ini terus diperluas.)
  21. Sebuah rekomendasi teknologi baru yang disebut IPv6 disarankan untuk menggantikan teknologi IPv4 saat ini. IPv4 memungkinkan untuk kurang dari 4,3 miliar perangkat internet yang terhubung langsung, bermasalah karena penduduk dunia (tahun 2009) adalah lebih dari 6,5 miliar (secara teoritis, jika pernah manusia memiliki komputer dan ponsel, kita akan membutuhkan 13 miliar alamat, yang IPv6 dapat dengan mudah mencapai sesuatu).
  22. Pada 1999 , sebuah teknologi nirkabel yang disebut 802.11b , lebih sering disebut sebagai Wi-Fi , adalah standar. Selama bertahun-tahun berikut, teknologi ini mulai muncul sebagai fitur built-in dari komputer portabel dan perangkat genggam banyak.
  23. Pada 2005 , para One Laptop Per Child proyek dimulai. Dalam upaya untuk memberikan biaya rendah, pendidikan yang dirancang laptop untuk anak di seluruh dunia dengan biaya rendah (US $ 100 per unit) proyek ini membantu memicu industri netbook. Netbook adalah komputer portabel kecil dengan umur baterai dan built-in Wi-Fi.
  24. Teknologi multi-touch mulai muncul di perangkat genggam, komputer tablet, dan netbook. Ini melengkapi teknologi tradisional teknologi layar sentuh dengan memungkinkan canggih menunjuk (beberapa jari bergerak di layar bukan hanya satu). Multi-touch teknologi dilihat sebagai alternatif yang mungkin untuk keyboard tradisional dan mouse (touchpad) sistem.
  25. Pada Desember 2009 , situs web multi-touch pertama dilaporkan.
  26. Ciplex Membangun Pertama di Dunia Multi-Touch Website Menggunakan Silverlight
  27. Ciplex Meluncurkan Pertama di Dunia Kendali Multi-Touch Web Pengalaman Mengantarkan untuk Masa Depan Manusia-ke-Komputer Antarmuka
  28. Pada Desember 2010 , 4G Jaringan Nirkabel yang diluncurkan di Amerika Serikat, memungkinkan untuk kecepatan tinggi koneksi ke perangkat seperti ponsel, komputer tablet, netbook, dan laptop.
  29. Pada tahun 2011, perusahaan teknologi yang bekerja dengan pendidik dan pengembang independen untuk memberikan pengalaman mendalam , menerapkan teknik-teknik belajar dengan teknologi terbaik untuk meningkatkan sistem pendidikan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang gerakan ini di sini.
Inilah kumpulan Sejarah internet yang berhasil di kumpulkan mungkin sobat punya data yang lebih detail mengenail Sejarah internet silahkan di tambahkan.

Sumber : http://www.tipsandtrickkom.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar